Home » , » UKM Seni Putroe Phang Unsyiah Kembali Gelar Artcoholic Exhibition

UKM Seni Putroe Phang Unsyiah Kembali Gelar Artcoholic Exhibition

Written By Kabar Aceh on Jumat, 21 Juni 2013 | 07.29

Banda Aceh - Dalam rangka memperingati ulang tahun yang  ke-XVIII, Unit  Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Putroe Phang Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengadakan acara Artcoholic Exhibition di Open Stage Taman Budaya Banda Aceh. Acara berupa pagelaran seni tari, musik tradisi dan musik modern itu akan diselenggarakan pada Sabtu (22/6/2013) malam mendatang.

Dengan mengusung tema (Deungon Adat Tameusapat, Deungon Budaya Tapuga Nanggroe) Artcoholic Exhibition V bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan rasa Estetika dan Artistik sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif, dan kreatif pada generasi muda secara menyeluruh terhadap seni budaya. Disamping itu juga untuk mempererat tali persaudaraan sehingga lahir rasa kesadaran generasi muda dalam membangun Aceh yang lebih baik dan bermartabat ke depannya.
Kemudian untuk menumbuhkembangkan generasi muda dalam melestarikan seni budaya Aceh dan seni modern, perlu adanya  suatu kegiatan sebagai mediator masyarakat yang dewasa ini banyak terpisah-pisah. Maka, acara ini nantinya tidak dikenakan biaya atau tiket masuk.
Acara Artcoholic Exhibition merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan UKM Seni Putroe Phang selama empat tahun terakhir. Sukses dalam empat seri sebelumnya, Artcoholic Exhibition kini akan hadir dengan seri ke-V, kata Ketua Umum UKM Seni Putroe Phang Unsyiah, Tri Satrya Ginting kepada Kabar Aceh.
Konsep acara yang akan digelar nantinya berupa pagelaran atau pertunjukan seni Art Show sesuai dengan cabang seni yang ada di UKM Seni Putroe Phang Unsyiah, yaitu seni tari, musik etnik, dan musik modern. Acara ini dibagi dalam tiga sesi yaitu acara formal, informal, dan sesi pertunjukan. Acara formal berupa kata-kata sambutan dari beberapa pihak terkait yang sekaligus membuka acara Artcoholic Exhibition V.

Kemudian acara informalnya  atau acara inti  yaitu seremonial ulang tahun UKM Seni Putroe Phang yang ke-XVIII oleh seluruh anggota dan pengurus UKM Seni Putroe Phang Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan penyerahan cendra mata. Dilanjutan dengan acara pertunjukan-pertunjukan ketiga cabang seni tersebut di atas.

Dalam sesi pertunjukan akan dimeriahkan oleh sembilan penampilan, tujuh di antaranya dimeriahkan oleh sanggar-sanggar dan komunitas seni yang ada di Aceh, khususnya wilayah Banda Aceh dan sekitarnya. Dua penampilan lagi merupakan persembahan dari tuan rumah sendiri, yaitu UKM Seni Putroe Phang Unsyiah.

Ketujuh sanggar/komunitas yang akan memeriahkan Artcoholic Exhibition V merupakan mereka-mereka yang namanya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Aceh, mereka adalah: Seuramoe Reggae, GMA (Gabungan Musisi Aceh), Sangar Seuni Seulaweut, Sanggar Bebalun, Sanggar Rampoe, Sanggar Aneuk Rapai Tuha (Lamreung), dan Cek Medya Hus. (Aditya)


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009