Home » » Setuju, publik tak yakin BLSM bakal tepat sasaran

Setuju, publik tak yakin BLSM bakal tepat sasaran

Written By Kabar Aceh on Minggu, 23 Juni 2013 | 11.01

Setelah harga bahan bakar minyak (BBM) dinaikkan. Pemerintah langsung bergerak membagikan dana kompensasi berupa uang tunai kepada masyarakat miskin. Dana itu disebut Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Namun demikian, hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyatakan, mayoritas publik tidak yakin BLSM akan tepat sasaran. Sebab, meski sudah ada sosialisasi, keyakinan masyarakat tentang penyaluran dana BLSM masih kurang.

"Walaupun ada sosialisasi dan keyakinan bahwa program BLSM sudah dilakukan didahului dengan pendataan masyarakat miskin, identifikasi, tapi publik tidak yakin program BLSM tepat sasaran," jelas peneliti LSI, Adjie Al Faraby di Kantor LSI, Jakarta, Minggu (23/6).

Dalam hasil survei LSI, hanya 24,27 persen responden yakin BLSM akan tepat sasaran dan benar-benar dinikmati masyarakat miskin. Sementara mereka yang tidak yakin mencapai 72,33 persen.

"72,36 Persen tidak yakin program BLSM ini tepat sasaran," imbuhnya.

Namun demikian, lanjut dia, sebesar 58,92 persen publik setuju dengan BLSM. Karena, kata Adjie, program pemerintah itu merupakan hak rakyat.

"Setuju 58,92 persen mayoritas publik setuju, terlihat berbeda antara kenaikan BBM dan pembagian BLT, karena yang namanya program pemerintah hak dari rakyat, sehingga program berupa kompensasi, masyarakat cenderung setuju," tandasnya.

Sekedar diketahui, LSI melakukan penelitian sejak tanggal 18 Juni sampai 20 Juni 2013. Metode yang digunakan adalah metode sampling multistage random sampling. Dengan jumlah responden 1200 orang dari seluruh provinsi Indonesia. Margin of error sebesar 2,9 persen.

Berikut hasil survei LSI soal BLSM:

Sangat setuju 58,92 persen
Kurang setuju 29,12 persen
Tidak tahu 11,96 persen

Kepercayaan BLSM tepat sasaran atau tidak:

Yakin tepat sasaran 24,27 persen
Tidak yakin 72,33 persen
Tidak tahu 3,4 persen

Merdeka.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009