Home » » Pengamat LIPI: SBY sedang dilema soal BBM

Pengamat LIPI: SBY sedang dilema soal BBM

Written By Kabar Aceh on Minggu, 16 Juni 2013 | 05.01

Pengamat Politik LIPI Siti Zuhro menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang dilema. Jika bahan bakar minyak (BBM) tidak dinaikkan, maka akan berdampak pada jebolnya APBN. Atau sebaliknya, jika BBM dinaikkan maka akan mencekik rakyat.

"Jadi ada semacam dilema SBY, satu sisi akan mempertaruhkan partainya tak populer dan satu sisi ada kesulitan APBN," ujar Zuhro di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (16/6).

Karena itu, menurut Zuhro, pemerintah harus intensif dalam mensosialisasikan keadaan perekonomian nasional. Khususnya terhadap masyarakat kelas ekonomi ke bawah untuk lebih dapat memahami.

Zuhro menegaskan, keadaan naiknya harga BBM dengan kompensasi pemberian bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) amat rentan dengan persoalan. Terlebih menjelang Pemilu 2014.

"Jika ada BLSM memang akan rentan dan dipersoalkan. Kawi khawatir sekali, partai-partai membonceng suasana ini. Tentu jika BBM naik harga akan melambung, berat sekali untuk masyarakat," jelas Zuhro.

Jika sejak awal SBY tegas, maka tidak akan terjadi gonjang-ganjing politik. "Ini karena ketidaktegasan pemerintah yang menimbulkan tarik menarik politik. Apa sikap dari SBY memberikan point tarik menarik yang merugikan masyarakat. Belum naik pun, harga sudah naik, ini menjelang puasa dipastikan akan naik. Saya rasa pemerintah kurang cerdas," tandasnya.


merdeka.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009