Home » » BRI akan naikkan suku bunga simpanan

BRI akan naikkan suku bunga simpanan

Written By Unknown on Minggu, 14 Juli 2013 | 07.23

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mempertimbangkan untuk menaikkan bunga simpanan seiring dengan kenaikan suku bunga acuan (BI rate) sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 6,5 persen, yang dilakukan Bank Indonesia (BI) kemarin.
"Respons memang kita akan menyesuaikan tingkat bunga dana," tutur Direktur Keuangan BRI Achmad Baiquni di Kantor Pusat PT Askes, Jakarta, Jumat (12/7).
Selain mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunga simpanan, lanjut Biquni, perseroan juga akan melihat kondisi likuiditas dan posisi suku bunga bank-bank pesaingnya. Diakui, BRI belum menaikkan suku bunga simpanan saat BI menaikkan BI Rate sebesar 25 basis poin (bps) bulan Juni lalu.
Sedangkan untuk besaran kenaikan suku bunga simpanan, perseroan juga sedang mempertimbangkan besaran angkanya. "Berapa besarnya perlu kita pikirkan," tutup Baiquni.
Sebelumnya, Ketua Persatuan Bank Umum Nasional Perbanas Sigit Pramono, memperkirakan kenaikan suku bunga acuan bank sentral atau BI Rate akan berdampak pada kebijakan bunga perbankan, diantaranya bunga dana seperti giro, tabungan, deposito.
"Bank sebenarnya menaikkan suku bunga deposito untuk amankan likuiditas. Mereka khawatir kalau tidak menaikkan maka nasabahnya akan pindah ke bank lain. Jadi Ini bukan soal keuntungan," ujarnya.
Ketua Ikatan Bankir Indonesia (IBI) Zulkifli Zaini mengatakan perbankan nasional yang mengalami kesulitan likuiditas akan mencoba menawarkan suku bunga simpanan tinggi untuk menarik minat masyarakat. Kalangan perbankan bakal bersaing untuk mendapatkan Dana Pihak Ketiga (DPK).
"Banyak peluang bagi naiknya bunga deposito namun bunga kredit naiknya pelan-pelan karena persaingan kredit tidak sebaik terdahulu, kemungkinan bunga kredit belum otomatis naik," ujarnya.

merdeka
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009