Home » , » Putroe Phang Art and Music WeekendShow

Putroe Phang Art and Music WeekendShow

Written By Kabar Aceh on Jumat, 14 Juni 2013 | 03.07

Penampilan Kesenian Sulap M13 Atjeh Magician Community
Banda Aceh-Aceh dikenal sebagai daerah yang sangat kaya dengan senidan budaya. Namun, kesenian dan nilai budaya tersebut akan sangat mudah rapuh jika tidak dijaga dan dilestarikan. Salah satu bentuk keperdulian tersebut, tercermin dengan dilaksanakannya event Putroe Phang Art and Musik Weekend Show.

Putroe Phang Art and Musik WeekendShow merupakan event yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh. Gelaran kegiatan tersebut dilaksanakan setiap akhir pekan. Sementara lokasi yang dipilih adalah Taman Putroe Phang.

Rangkaian kegiatan bernuansa seni tersebut, dilakukan sebagai bentuk apresiasi bagi pekerja seni di Banda Aceh khususnya. Adapun seni dan budaya yang ditampilkan meliputi senitari, music, rapaie, sulap, theater, debus dan beberapa kesenian lainnya.

Selain untuk memperkenalkan seni dan budaya kepada masyarakat yang digelar secara gratis, hadirnya program tahunan Putroe Phang Art and Musik Weekend Show tersebut juga sebagai salah satu bentuk keperdulian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menghidupkan Taman Putroe Phang.

Taman yang berada dipusat kota dan memiliki nilai sejarah yang luar biasa tersebut, selalu diramaikan oleh pengunjung disetiap sore hari. Pengunjung yang didominasi oleh wisatawan lokal dan biasanya membawa serta keluarga inilah yang menjadi sasaran penyajian kesenian.

Hal tersebut pernah disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh Drs Reza Fahlevi MSi, beberapa waktu yang lalu kepada Kabar Aceh. Menurutnya, taman tersebut menjadi tempat pavorit yang dimanfaatkan para sebagian besar orang tua untuk berekreasi bersama keluarganya.

Salah seorang pengunjung yang ditemui Kabar Aceh di Taman Putroe Phang Minggu sore pekan lalu, mengatakan bahwa dirinya sering membawa keluarganya untuk berekreasi di taman tersebut. Menuruntnya, selain berada dipusat kota, keasrian taman tersebut juga memiliki nilai tersendiri baginya.

Masih menurut Erni, selain memiliki tempat yang luas untuk anak-anak bermain dengan aman, ia dan keluarganya sering menikmati hiburan dan seni yang ditampilkan di panggung taman tersebut.

“Enak disini, tempatnya adem, tempat bermain juga luas, terus kalau sore kan ada pertunjukan tari dan  sulap, anak saya paling suka nonton,” demikian penuturan Erni.

Salah seorang pengunjung lainnya, Mirza juga mengatakan hal senada. Menurutnya taman Putroe Phang sangat luar biasa dibandingkan taman-taman lainnya di Kota Banda Aceh. Selain tempatnya bersih, taman tersebut juga memiliki nilai sejarah. “Taman disini bersih, apalagi adalokasi pemandian putri yang tinggi nilai sejarahnya,” demikian ungkapnya.

Lebih jauh, Mirza mengharapkan agar pihak terkait dapat terus memaksimalkan potensi Taman Putroe Phang tersebut. Ia berharap nantinya dilokasi tersebut memiliki pusat jajanan kuliner, karena menurutnya, selama ini para pengunjung datang dengan membawa minuman serta makan dari luar.
“Maunya dibuatkan tindi dalam, jadi selain bisa menikmati panorama, pengunjung juga bisa menonton pagelaran seni sambil menikmati jajanan kuliner,”  demikian tambahnya lagi.

Pantauan Kabar Aceh, Taman Putroe Phang tersebut memang sangat ramai dikunjungi. Bahkan dibeberapa titik terlihat para pengunjung yang mengabadikan keindahan Putroe Phang dengan kamera dan tidak jarang pula lokasi tersebut dijadikan lokasi pemotretan pre wedding dan model. (Aditya)




Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009