Home » » M13 Lahirkan Magician Berbakat Di Kota Banda Aceh

M13 Lahirkan Magician Berbakat Di Kota Banda Aceh

Written By Kabar Aceh on Sabtu, 15 Juni 2013 | 11.36

Tanggal 08 Agustus 2008 adalah hari yang paling bersejerah bagi komunitas sulap M13 Atjeh Magician Community. Karena pada hari itulah komunitas ini berdiri atas inisiatif salah seorang seniman magic yang sekarang namanya sudah sering di dengar di kalangan masyarakat dan Pemerintahan Kota Banda Aceh.  Ialah Aditya Magician yang pada saat itu tergugah hatinya akan perkembangan seni magic di Kota Banda Aceh dan menjadikan komunitas ini sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan bakat dan aspirasi para generasi muda pecinta magic pada bidang kesenian.

Awal mulanya komunitas ini dibangun tanpa sedikitpun bantuan dari pihak manapun termasuk Pemerintahan Kota (Pemko) Banda Aceh maupun provinsi. Komunitas ini di bangun dengan keyakinan dan semangat teguh Aditya pada saat itu yang sekarang merupakan Ketua sekaligus pengajar sulap di dalam komunitas ini.

M13 Atjeh Magician Community  merupakan komunitas kesenian yang bergerak di bidang seni sulap. Dalam perkembagannya, komunitas ini telah banyak melakukan eksplorasi dan aktivitas yang progresif dan sifatnya inovatif demi kepentingan kemajuan seni magic di Aceh. Disamping itu, kerjasama dengan team didalamnya telah memberikan kekuatan dan dinamika dalam komunitas ini.

Peran Komunitas ini dalam menghimpun kreativitas, bakat dan minat masyarakat, khususnya generasi muda telah banyak menorehkan  nilai-nilai yang positif. Olehnya itu, komunitas ini diharapkan mampu meningkatkan diri baik dari segi komunitasnya, maupun dari segi personil yang ada di dalamnya. Hal tersebut diungkapkan Desi Ratna selaku pengurus harian M13 saat di temui Kabar Aceh di kediamannya pekan lalu.

Desi juga mengungkapkan bahwasanya halangan dan rintangan pada saat pertama kali membangun komunitas ini menjadi tantangan tersendiri bagi komunitas ini ke depan untuk meningkatkan kinerja dalam mengembang seni sulap di Aceh. Segala kekurangan dan kejanggalan yang terjadi selama masa perkembangannya menjadi pelajaran dan perenungan untuk masa perkembangan selanjutnya.

 “Awalnya M13 dibangun hanyalah bertujuan untuk mengajarkan dan berbagi ilmu seputaran sulap kepada para muda-mudi di kota ini yang pada saat itu memang sangat tertarik dengan sulap, tapi akhirnya melihat bahwa disetiap ada kegiatan event (Acara) jarang memunculkan penampilan sulap, akhirnya M13 pun mencoba ikut berperan serta di setiap acara yang ada di kota ini.” ungkap Desi.

Bermodalkan keberanian dan keyakinan, akhirnya M13 berhasil menembus panggung demi panggung, dari hal yang paling susah sampai rasa paling pahitpun telah dijalani komunitas ini ungkapnya, tapi akhirnya sekarang komunitas ini bisa menjadi bagian di setiap event yang membutuhkan hiburan sulap, dan M13 juga telah banyak melahirkan magician-magician berbakat di kota ini, baik dari anak-anak hingga dewasa dan semua pelatihan sulap di dalamnya kita buat gratis tanpa ada meminta bayaran sedikitpun kepada mereka yang memang serius ingin belajar sulap. Tegas Desi.

Desi juga mengatakan Menurut pemikiran Aditya ketua M13, materi bukanlah segalanya karena bagi beliau melihat anak-anak didiknya bisa menunjukan kreatifitas dan potensi yang dimiliki didalam diri mereka saat tempil di depan umum pada suatu event adalah sebuah nilai yang sangat mahal, yang tidak akan pernah bisa di nilai dengan uang.

Desi juga menambahkan “ jujur saya juga terkadang sering patah semangat saat kita berusaha menawarkan komunitas ini untuk bisa ikut serta di setiap ada event sering ditolak karena masih banyaknya pemikiran orang – orang yang menggangap sulap adalah sihir, atau meminta bantuan kepada jin. Padahal sesunguhnya sulap hanyalah trik saja yang bisa dimainkan oleh siapapun bila tau rahasianya. Tapi sebagai penghibur di bidang sulap, sangat tidak mungkin kita beritahu rahasianya, kalo diberitahu jadi hambar rasanya pertunjukan yang akan kita lakukan.” Ujar Desi serius.

Desi juga mengharapkan  kedepannya semoga komunitas dapat memberikan pengajaran sulap sampai keseluruh Aceh, dan dapat terus mengembangkan seni sulap, yang selama ini masih dianggap tabu dan sulit dipercaya beberapa masyarakat kita. Karena masih banyak oknum–oknum tertentu yang menggunakan sulap untuk menarik perhatian lalu menawarkan barang dagangannya ke orang tersebut, dengan mengatakan pertunjukan yang sedang dilakukan itu adalah sebuah pertunjukan yang menggunakan kekuatan dan ilmu – ilmu tertentu, untuk meyakinkan para penonton di sekelilingya bahwa orang tersebut benar-benar hebat, hingga akhirnya para penonton pun yakin dan percaya untuk membeli barang yang sedang di dagangkannya.

Pada intinya yang namanya sulap merupakan suatu seni pertunjukkan yang diminati sebagian besar masyarakat di dunia, karena pada penyajiannya sulap dapat membuat heran penontonnya akan rahasia dibalik penyajiannya. Sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari, seni musikseni rupa, dan merupakan penerapan dari gabungan berbagai disiplin ilmu yang ada. Misalnya ilmu fisika, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu psikologi, dan lain-lainnya. Katanya.
Seni Sulap bukanlah suatu keterampilan yang berbau klenik atau supranatural, karena setiap trik sulap dapat dijelaskan dengan logika, Sulap semata-mata hanyalah permainan kelihaian tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu perlengkapan/peralatan ataupun efek yang timbul dari suatu reaksi kimia dan yang telah dilatih sebaik mungkin oleh seorang pesulap sebelum dipertunjukkan kepada orang lain.

 Jadi tidak harus pergi ke dukun untuk bisa membuat sebuah keajaiban, cukup datang ke M13 Atjeh Magician Community, lalu isi formulirnya sesudah itu anda sudah bisa belajar ilmu keajaiban–keajaiban dunia sulap di dalamnya, dan semua itu kita ajarkan secara gratis.

Beberapa event yang pernah memakai Hiburan M13 Atjeh Magician Community :
Ø Promo extra joss 50 titik Banda Aceh_Aceh Besar
Ø Promo perdana axis 100 titik lokasi Banda Aceh
Ø Guestar Festival buku 2011 tempat Gedung Sosial
Ø Guestar Festival bestek tempat QL Coffe
Ø Hibura cafe tempat Haba Cafe,Menara Bambu Cafe,Adi & Ustad kupi dll
Ø Guestar di ulang tahun KODA ( Komunitas Drummer dan Perkusi Aceh )
Ø Guestar Festival kopi 2011 di Taman Sari Banda Aceh
Ø IKAS event Funbike (mengendarai sepeda dengan penutup mata 11,5km)
Ø Juri event Atjeh Art Magician Festival 2011 Di SKA (Seutui Kupi Atjeh)
Ø Guestar di ulang tahun AMPD (Aliansi Mahasiswa Peduli Demokrasi )
Ø Guestar di Panggung Apresiasi Ragam Komunitas di Haba Cafe
Ø Guestar perayaan malam tahun baru di Haba Cafe
Ø Guestar di event doa & renungan 1000 anak bangsa untuk pilkada damai Aceh Di SKA (Seutui kupie Atjeh )
Ø Guestar AMF  (Aceh Musik Festival)
Ø Guestar Lounching Tsacita Café
Ø Guestar Artcoholic Exhibition di Taman Budaya Banda Aceh
Ø Nuu Mild Hang Out di Sigli
Ø Nobar Djarum Super Soccer Euro 2012 di Haba Café banda Aceh
Ø Gerak Jalan bareng Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro Yudhoyono Di Banda Aceh
Ø Guestar Event Piasan Seni Banda Aceh 2012
Ø Guestar Event Pasar Rakyat 2012
Ø Penyambutan Turis ke PLTD Apung
Ø Guestar Putroe Phang Art And Music Wekend Show
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009