Home » , » Wabup Kabupaten Bener Meriah Buka Sosialisasi Panas Bumi

Wabup Kabupaten Bener Meriah Buka Sosialisasi Panas Bumi

Written By Unknown on Minggu, 15 September 2013 | 07.58

REDELONG - Wakil Bupati Bener Meriah Rusli M. Saleh membuka kegiatan Sosialisasi survei pendahuluan Panas Bumi di Aula Sekolah Menengah Atas (SMA) Binaan Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Kamis (12/9) Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT. Jaya Daya Chevron Jakarta.

Wabup Bener Meriah mengatakan, terkait masalah servei, sebelumnya hal tersebut juga sudah pernah di lakukan oleh rekanan dari Jerman serta Korea, namun, tidak ada titik terang dari keduanya, terkait hasil yang sudah dilakukan di Bener Meriah.

“Saya berharap PT. Jaya Daya Chevron (JDC) tidak mengulangi hal yang serupa apa seperti yang dilakukan oleh kedua rekanan tersebut. Semoga JDC bisa berkerja dan memberikan laporan terakhirnya terkait kegiatan survey nanti kepada pihak pemerintah daerah Bener Meriah,”harap wakil Bupati Bener Meriah Rusli M. Saleh.
Wabup Bener Meriah itu juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak PT. Jaya Daya Chevron yang sudah memberikan bantuan beras untuk korban gempa bumi yang telah melanda daerah Bener Meriah.
“Bantuan yang saya terima secara simbolis untuk korban gempa bumi ini nantinya, akan saya berikan kepada instansi terkait untukl disalurkan bagi korban yang sangat membutuhkanya,”tegas Rusli M. Saleh.

Ida Bagus selaku JDC Management mengatakan, Kegiatan survey pendahuluan panas bumi yang kita akan laksanakan dalam waktu dekat telah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari menteri ESDM, Gubernur Aceh serta bupati dan diperkirakan kegiatan survey ini akan memakan waktu pekerjaan lapangan kurang lebih tiga minggu di Kabupaten Bener Meriah dan satu minggu di Kabupaten Aceh Tengah.

JDC Management menjelaskan, secara garis besar kegiatan Chevron di Indonesia dalam rangka mendukung pemerintah Indonesia dalam sector migas dan panas bumi. “Untuk sector migas, saat ini Chevron penghasil terbesar di Indonesia sekitar 40 persen minyak mentah, sekitar 400. 000 bpd dihasilkan oleh Chevron yang beroperasi di Provinsi Riau (lapangan Minas, Duri-on shore), Balikpapan (Lapangan Attaka, Sepinggan, dan Yakin-off shore) serta pengeboran laut dalam (deep water) di Selat Makasar,”terang Ida Bagus.

Sementara itu untuk panas bumi lanjut Ida Bagus, Chevron saat ini penghasil yang terbesar di Indonesia sekitar 650 Mw atau sekitar 60 persen dari total listrik yang di hasilkan oleh pembangkit panas bumi yang beroperasi di Indonesia sekitar 1, 100 Mw saat ini.

“Berdasarkan pengalaman kami dalam sector migas dan panas bumi, JDC beritikad baik untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan potensi panas bumi di Indonesia untuk melakukan survey pendahuluan panas bumi Gunung Burni Telong yang berlokasi di Kabupaten Bener Meriah, dalam rangka mengumpulkan data-data melalui kegiatan survey Geology, Geo kimia, dan Geo physic (3G) untuk mengetahui besaran dan sebaran potensi panas bumi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah,”demikian Ida Bagus selaku JDC Management (Humas Setdakab Bener Meriah)


benermeriahkab.go.id
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009