Home » , » 1.380 Ruang Kelas Rusak, 500 Guru Kehilangan Tempat Rumah

1.380 Ruang Kelas Rusak, 500 Guru Kehilangan Tempat Rumah

Written By Kabar Aceh on Senin, 08 Juli 2013 | 10.20

Foto Doc Seputaraceh
GEMPA di Kabupaten Bener Meriah, Nangroe Aceh Darussalam, 2 Juli 2013 yang lalu, mengakibatkan 372 sekolah rusak. Pasca bencana gempa itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan empat program sebagai usaha untuk rekontruksi dan rehabilitasi.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, empat program yang akan dilaksanakan itu adalah identifikasi dan pembuatan perencanaan, pembersihan lahan dan penyediaan lokasi baru untuk sekolah yang harus pindah.

Kemdikbud akan melakukan pembangunan dan rehabilitasi sekolah, serta penyediaan buku dan peralatan untuk kegiatan belajar mengajar. "Jika dikonversi ke ruang kelas, ada 1.380 ruang kelas yang rusak. Maka kami akan segera lakukan tindak lanjut," kata Mohammad Nuh, di kantornya, Senin, 8 Juli 2013.

M Nuh menambahkan  bahwa dalam bencana alam tersebut, tercatat dua orang guru meninggal dan 500 guru kehilangan tempat tinggalnya. Dalam keadaan tanggap darurat itu, lanjutnya, Kemendikbud menyediakan juga kebutuhan pribadi siswa seperti alat tulis, tas, seragam, dan sepatu.

Kementerian juga akan menyediakan saran pendidikan darurat berupa bangunan sementara sebagai pengganti ruang kelas yang rusak. "Minimal dari kayu, bukan tenda yang temporer sekali," katanya.

Sementara itu, kata M Nuh untuk memulihkan kondisi psikis siswa yang terkena bencana gempa tersebut. Sejak tanggal 3 Juli 2013 yang lalu, kementerian sudah mengirim psikolog ke Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

vivanews
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009