Home » , » Mie Aceh Bang Helmi Tinggalkan Kenangan

Mie Aceh Bang Helmi Tinggalkan Kenangan

Written By Kabar Aceh on Sabtu, 15 Juni 2013 | 10.01

Mie Aceh adalah masakan mie khas Aceh. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau udang dan cumi, disajikan dalam kuah sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, mie Aceh goreng kering dan goreng basah. Dalam penyajiannya mie tersebut disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.

Makanan khas Aceh yang satu ini bukan saja diminati oleh seluruh masyarakat Aceh namun juga diminati hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari para penjual mie Aceh yang tidak hanya ada di Aceh saja, namun di beberapa restaurant ataupun jajanan pinggir jalan disetiap kota-kota besar di Indonesia juga ada yang menyediakan makanan khas Aceh ini.

Banda Aceh yang merupakan sebuah kota yang sangat kaya akan wisata dan kulinernya. Salah satu kuliner tersebut adalah mie Aceh yang tersedia di berbagai warung kopi dan restaurant-restaurant besar, juga sampai ada beberapa gerai khusus yang menyediakan mie Aceh dengan berbagai jenis pilihan menu yang ditawarkan.

Helmi, sosok pria muda dan tampan yang ramah senyum ini memiliki segudang pesona didalam dirinya. Salah satunya adalah mengelola mie yang masih mentah menjadi sepiring hidangan mie yang harumnya menyengat hidung, hingga membuat siapapun tidak akan tahan untuk berlama-lama menyantap mie yang telah tersedia dihadapannya.

Ditemui Kabar Aceh di lokasi tempat Helmi berjualan mie Aceh, tepatnya di Haba Café Jln. Lampriet Kota Banda Aceh, sebelah wong solo. Hemi mengatakan, dirinya sudah menekuni jualan mie Aceh sejak dua tahun yang lalu. Berawal dari belajar dengan orang tua dan beberapa saudara yang ahli membuat mie, akhirnya Helmi pun meninggalkan kampung halamannya di Pidie menuju Takengon untuk mengadu nasib menjual mie Aceh.

Namun, usahanya selama setahun menjual mie Aceh tidak membuahkan hasil, akhirnya Helmi pun berfikir untuk pindah tempat jualan, dan dirinya memutuskan untuk berjualan ke Kota Banda Aceh, dari enam bulan yang lalu hingga saat ini dirinya mulai berusaha memanjakan lidah-lidah masyarakat Kota Banda Aceh yang berkunjung ke Haba Café.

Seorang pengunjung café tersebut yang sedang menyantap hidangan mie Aceh pesanannya saat ditemui Kabar Aceh mengatakan “ Saya dan teman-teman sering banget ya ngopi disini, tapi setiap kesini saya selalu memesan mie Aceh bg Helmi, karena mie buatan bang Helmi sangat istimewa, rasanya begitu terasa dilidah, pedasnya juga pas dan seafoodnya sangat banyak ditaruh”. Ungkap Lisa.

Menjawab Kabar Aceh tentang apa yang telah didapatnya selama menjual mie Aceh di Kota Banda Aceh, Helmi mengatakan selama berjualan disini yang awalnya steling berjualan masih sewa sekarang sudah menjadi milik sendiri, dan juga sudah ada sedikit tabungan buat pulang kampung nantinya. Kata Helmi sambil tersenyum.

Jadi bagi para masyarakat Kota Banda Aceh yang menyukai mie Aceh,  jangan lupa untuk mengunjungi mie Aceh bang Helmi. Dijamin anda pasti akan ketagihan mie Aceh yang dioalah dengan resep-resep khusunya, sehingga membuat rasa mienya dapat meninggalkan kenangan dilidah anda. Harga  yang ditawarkan juga tidak begitu mahal sehingga anda tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam, karena  harganya relative murah. (Aditya)


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Kabar Aceh - All Rights Reserved
Alamat Redaksi/ Bisnis/ Pemasaran: Jln.Mohd.Taher,Kec.Lueng Bata,Banda Aceh. Telp/Hp: 081360224009